MUSANG AKAR

Musang akar

 Kali ini Saya akan membahas sedikit tentang Musang Akar, Menurut Pengalaman saya pribadi  dan Komunitas SOMAT mengenai musang akar.



Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan musang yg satu ini, iya benar dia adalah si Musang akar yang lucu, mungkin beberapa dari kalian ada yg belum tau/mengenal salahsatu musang jenis ini.
baik tanpa basa basi sekarang akan saya jelaskan.

Musang akar (Arctogalidia trivirgata) adalah sejenis musang yang hidup di hutan-hutan lebat di Asia Tenggara, mulai dari negara bagian Assam di India sampai ke IndochinaSemenanjung Malaya, serta SumatraJawaKalimantan dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya.

Sama halnya dengan musang-musang lainnya, musang akar ini juga sangat menyukai buah-buahan, penciuman nya sanagat tajam, sehingga ia dapat mencium buah yang sudah matang dengan yang belum matang.

bentuk tubuh musang ini sangat lah unik, ia memiliki moncong idung yang panjang dan memiliki bola mata yang sangat besar, ia juga memiliki warna tubuh yang keabu-abuan dan juga yang sangat menarik dari musang ini adalah, karena dia memiliki ekor yang panjang, melebihi ukuran badan nya.





Musang akar dibedakan menjadi 3 macam yaitu musang akar sumatra, musang akar borneo (kalimantan) ,dan juga musang akar jawa.

kalimantan memili bentuk tubuh yang hampir sama dengan musang akar borneo,dan memiliki warna keabu-abuan, musang akar jawa hampir sama dengan kedua musang tersebut, tetapi yang membedakan musang akar jawa dengan musang akar lain nya, hanylah warna bulunya, musang akar jawa dominan bewarna putih / cream, seperti gambar di bawah ini.




Cara memelihara dan Merawat

Cara Memelihara Musang Akar sendiri si tidaklah sulit hampir sama dengan musang lainnya seperti musang pandan dan musang bulan, hannya saja dari segi karakter yang rata rata kami alami adalah sering ngajak bermain/bercanda, pecicilan, lucu karakternya, tapi kadang kalau becanda suka kebablasan,seperti gigit-gigit becanda apalagi jika sudah dewasa lumayan terasa sakit gigitannya.
namun ada juga yang memiliki karakter cenderung lebih diem/anteng, tidak suka mengigit, dan juga bonding (datang ketika di panggil/Ngikutin sang pemilik) , kekuranganya ya...itu becanda suka kebablasan, rada pecicilan gabisa diem, dan terkadang ketika stress walaupun sudah jinak total suka tiba2 galak.
Tapi sih ini semua kembali lagi pada karakter musang akar tersebut.

namun yang Bagus dari Musang Akar ini menjadi masteran bagi musang lain, maksudnya masteran ialah untuk menjinakan musang lain. Pengalaman kami si punya musang lombok galak ditaruh bareng musang tersebut jadi jinak. (pengalaman pribadi)

dalam memelihara musang akar dewasa cenderung lebih mudah dalam perawatannya dan di pelihara di bandingkan dengan anakan yang harus extra dalam perawatannya.
bagi musang yang masih baby/anakan alangkah baiknya di beri makanan seperti susu,sun,atau bubur bayi, sedangkan yang dewasa sudah bisa di beri buah buahan ,daging ayam,ikan, ban bahkan nasi +kecap. namun dalam berbagai kasus ada musang yg mogok makan di karenakan di beri makanan yang sama setiap harinya untuk itu kita harus memberikan makanan yang berbeda setiap hari/minggunya agar musang tidak bosan.
untuk perawatan musang akar di mandikan 2x dalam seminggu ,dan alangkah baiknya gunakanlah sabun khusus hewan/sabun lainnya untuk menghindari alergi yg berujung kerontokan bulu , saya sendiri si menggunakan sabun Bayi tujuannya si agar sabun tidak perih jika terkena mata dan tidak ada effek sampingnya, potong kuku memang ini tidak ada kaitannya dengan perawatan hannya saja jika kuku sudah panjang dapat melukai anda jika sedang menggendong/bermain dengan anda,dan bersihkan lah kandang sesering mungkin atau bersihkan kandang jika sudah terlihat kotor agar musang terhindar dari penyakit.

nah itulah sedikit tips dan pengalaman dari kami.
sekian, trimakasih.
salam lestari , salam wangi.

jangan lupa support saya terus dengan cara subscribe,like and share chanel saya!!!


https://www.youtube.com/channel/UCQpFshGGYJ9B19RoUUDyQ6g?view_as=subscriber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OTTER/SERO/BERANG BERANG

GARANGAN

MUSANG BULAN